Aplikasi Plant Structure Introduction Learning Application for Early Childhood using Augmented Reality

Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented Reality

  • Adinda Putriani Pratiwi
  • Joko Riyanto
Keywords: Augmented Reality, Struktur dan Fungsi Tumbuhan, Unity 3D, Vuforia, Waterfall

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam proses penyampaian informasi mengalami perkembangan pesat. Saat ini, teknologi terbaru yang digunakan dalam penyampaian informasi adalah teknologi Augmented Reality (AR). Pada teknologi AR, pengguna dapat menvisualisasikan objek dalam bentuk 3 dimensi. AR memiliki kelebihan bersifat interaktif dan real time sehingga AR banyak diimplementasikan di berbagai bidang. Di dunia pendidikan, AR digunakan sebagai media untuk mengenalkan struktur dan fungsi tumbuhan, terlebih mengenai mata pelajaran IPA yang terkesan susah dipahami di kalangan para pelajar. Media pembelajaran Augmented Reality Struktur dan Fungsi Tumbuhan dibuat melalui android menggunakan Unity 3D dengan Vuforia, dan menggunakan bahasa pemrograman C#, serta untuk design tampilan aplikasi menggunakan software 3D Studio Max. Dan untuk metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah waterfall. Untuk pengujian aplikasi yang dilakukan menggunakan Blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah menjadikan proses belajar-mengajar peserta didik lebih interaktif dan inovatif.


Plant Structure Introduction Learning Application for Early Childhood using Augmented Reality

Abstract: Utilization of Information Technology (IT) in the process of delivering information has developed rapidly. Currently, the latest technology used in the delivery of information is Augmented Reality (AR) technology. In AR technology, users can visualize objects in 3-dimensional form. AR has the advantage of being interactive and real time so that AR is widely implemented in various fields. In the world of education, AR is used as a medium to introduce the structure and function of plants, especially regarding science subjects which seem difficult to understand among students. Learning media for Augmented Reality Structure and Function of Plants is made using Android using Unity 3D with Vuforia, and using the C# programming language, as well as for application display design using 3D Studio Max software. And for the software development method used is the waterfall. For application testing carried out using Blackbox. The result of this research is to make the teaching and learning process of students more interactive and innovative.

Keywords: Augmented Reality, Plant Structure and Function, Unity 3D, Vuforia, Waterfall.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Adinda Putriani Pratiwi

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Tanggerang, Indonesia.

Joko Riyanto

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Tanggerang, Indonesia.

This is an open access article, licensed under CC-BY-SA

Creative Commons License
Published
        Views : 834
2022-08-26
    Downloads : 1048
How to Cite
[1]
A. P. Pratiwi and J. Riyanto, “Aplikasi Plant Structure Introduction Learning Application for Early Childhood using Augmented Reality”, Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, vol. 4, no. 2, pp. 78-85, Aug. 2022.
Section
Articles

References

R. A. Ahmadi, J. Adler, and S. L. Ginting, “Teknologi Augmented Reality,” Prosiding Seminar Proposal Nasional Komputer Dan Informatika (Senaski), vol. 1, 2017.

W. Aprianti, and U. Maliha, “Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Pada Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 3, 2016.

Atikah, “Metode yang Digunakan pada Teknologi Augmented Reality (AR),” [Online]. Available: https: //www.smarteye.id/blog/metode-augmented-reality/. [Accessed: October 2, 2021].

W. N. Cholifah, Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Blackbox Testing Pada Aplikasi Acton & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap,” Jurnal String, vol. 3, no. 2, 2018.

M. Destiningrum, and Q. J. Adrian, “Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter,” Jurnal Tekno Info Sistem Informasi, vol. 11, no. 2, 2017.

M. Dr. Fatma Sukmawati, Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group, 2021.

D. Edi, and S. Betshani, “Analisis Data Dengan Menggunakan Erd Dan Model Konseptual Data Warehouse,” Jurnal Informatika, vol. 71, 2015 .

M. Faisal, and E. Kurniawan, Belajar C# Panduan Lengkap Linq. Banjarbaru: Scripta Cendekia, 2022.

Y. A. Saputra, “Implementasi Augmented Reality pada Fosil Purbakala Di Museum Geologi Bandung,” Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (Komputa), vol. 3, 2014.

D. T. Kumoro, D. S. C. Saputri, and A. Apriani. “Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru SMP,” Semnasteknomedia Online, vol.5, no. 1, 2017.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 2, no. 8, 2017.

A. Sbn, and Khairani, “Membangun Third Person Game 3d Dengan Unity Berlatar Budaya Lokal,” Jurnal Eltikom, vol. 1, no. 2, 2017.

F. Sonata, and V. W. Sari, “Pemanfaatan Uml (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, vol. 4, 2019.

R. Subarlah, “Pengujian White Box Pada Aplikasi Daily Activity Monitoring Karyawan Berbasis Web,” Jurnal E-Bisnis, Sistem Informasi , Teknologi Informasi, Xv, 29, 2021.

Y. M. Indrawaty, “Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Reality,” Jurnal Itena Library, vol. 8, 2013.

A. Ismayani, Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2020.

W. Komputer, 3d Studio Max Untuk Pemodelan Interior Bangunan. Yogyakarta: Andi, 2021.

W. Komputer, Mudah Membuat Game 3 Dimensi Mnenggunakan Unity 3d. Yogyakarta: Andi, 2021.